Cara Memelihara Anak Kucing Tanpa Induk

Sering di sekitar desaku orang buang anak kucing yang baru lahir, yang masih memerlukan kasih sayang induknya dari kehangatanya dan air susunya. Tapi apa boleh dibuat kepada orang-orang yang tidak punya rasa kehewanan, membuang anak kucing sembarangan.

Kemarin aku nemu anak kucing yang dibuang, umurnya sih sekitar 2-3 mingguan, masih belum bisa jalan, apa lagi makan. Dan kalau kalian tanya aku temukan mereka dimana, mereka dibuang dipinggir jalan raya, jauh dari rumah, di sawah. Aku kasihan, makanya aku bawa pulang, dan karena udah sering nemu kucing kayak gini, jadi ngurusinya udah terbiasa.

Oke lanjut ke cara-cara memelihara mereka.

Pertama siapkan :
  • Anak kucing yang masih hidup
  • Pipet atau Suntik yang besar, jarumnya dibuang
  • Kardus atau kotak buat mereka tidur
  • Koran buat alas mereka tidur, ngompol, dan buang air besar
  • Susu bayi, atau seadanya juga gpp
  • Boneka atau kain halus yang udah gak kepakai.
Langkah-langkah untuk perut mereka:
  • Buat susu bayi dicampur air digelas, karena susu dewasa tidak baik buat perut si kecil jadi saya saranin pakek susu bayi
  • Usahain suhu normal ya airnya, lalu sedot dengan pipet atau suntik tanpa jarum
  • Mereka pasti gak mau minum kayak dot ibunya, agak paksa mereka agar mau buka mulutnya tapi jangan kasar. caranya dengan menekan lembut mulut samping kiri dan kanan, otomatis mereka buka mulutnya
  • Saat mereka buka, semprotkan susunya sedikit demi sedikit dimulutnya, jangan langsung ke tenggorokan takutnya masuk paru-paru.
  • beri mereka makan saat pagi siang sore malem, masa pertumbuhan, cepat lapar.
Setelah mereka kenyang lalu ngantuk, nah sekarang kita bahas tentang tempat tidurnya:
  • Kardus atau tempat yang telah kamu sediakan, beri koran untuk alas. menurut pengalaman saya, induk kucing yang pernah aku punya dulu, anaknya ditaruh di tempat yang gak terlalu keras, tapi ya gak terlalu lembut. Jadi, kardus yang beralaskan koran itu sudah cukup.
  • Boneka atau kain buat pengganti kehangatan induk mereka, kasihan mereka tidak dapat merasakan kehangatan induknya saat mereka tidur, biasanya induknya memeluk mereka saat tidur.
  • Tutup tempat mereka agar gelap, biar mereka cepat tidur. jangan lupakan fentilasi udara mereka.
Tips tambahan:
  • Agar mereka lahap makan, kasih kuning telur di susu mereka, mentah. agar baunya sama seperti susu induknya
  • Setelah mereka makan, jangan langsung ditaruh ditempat tidur, biarkan mereka jalan-jalan terlebih dahulu, seperti manusia, hewanpun butuh olah raga
  • Sabar, telaten, hati-hati, dan peka itu wajib harus kalian kuasai
Nih foto-foto mereka :
Ini wujud mereka

Ini contoh suntik tanpa jarum

 
Ini susu dengan kuning telur

Yang ini tebak sendiri ya.

Demikian, semoga bermanfaat. jika ada pertanyaan tanyak aja dikomentar. :)


Ditulis Oleh : @faldiabdillah // 6:56 AM
Kategori:

8 comments:

  1. mau tanya.. itu takarannya seberapa ya...
    trus itu susunya merek apa??
    aku punya anak kucing 5... awalnya tak kasih minum air gula.. mau.. tapi sehari setelahnya gak mau lagi... maunya tak kasih susu.. tapi takut salah susu.. mohon bantuannya.. butuh secepatnya... plis.. hubungi saya di nomer 085749141918
    trims...

    ReplyDelete
  2. om,,, anak kucing ane kayaknya matanya masih pada merem2 semua, belum pada kebuka.. apa cara perawatannya tetap sama ama yg di atas..??
    kalo takaran kuning telur sama susu yang dibuat seberapa..?? apa satu kuning telur atau separuhnya... boleh dibales lewat email ane om di suryabonang@yahoo.com
    terima kasih banyak om,, mohon balasannya..

    ReplyDelete
  3. gan ini agak sulit..
    anak kucing ku baru lahir jelang 1 hari induk nya mati ..
    jadi gmana tu..
    ku udah kasih susu tapi tetap meong2 trussss..
    tmpat udah-udah sangat spesial dah..

    kalo susu nya ku kasih susu encer / susu cap beruang ..
    gmana ia gan ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kisah nya ga jauh beda sama anak kucingku..
      klo aku kemaren beli susu formula khusus bayi kucing di, beli aja di petshop harga nya kisaran 50rb trus dot khusus jg ada

      Delete
  4. aku nemuin anak kucing yg baru 4 hari sepertinya di tinggalkan oleh induk nya. kasian bsyi kucing nya.. yg membingungkan knp induk nya tega meninggalkan anak nya yg masih kecil bgt??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau induk kucing saya juga gitu mbak, dan kata tetangga saya kucing saya mati setelah melahirkan. Mungkin sakit saat hamil dan nunggu ngelahirin baru siap untuk dipanggil yang Maha Esa. hehehe

      Delete
  5. om kalo dikasih susu indolmilk bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas, terserah. tapi bening aja, perut si kecil belum kuat.

      Delete

 
Powered by Blogger.